Ikhtisar

TELKOM & TelkomMetra Joint Venture dengan Telstra

Jumat, Agustus 29th, 2014

TELKOM akhirnya merealisasikan kesepakatan untuk membentuk perusahaan Joint Venture (JV) bersama operator telekomunikasi asal Australia, Telstra Corporation Limited. Perusahaan Joint Venture ini akan menggarap bisnis penyediaan Network & Application Services (NAS) bagi pelanggan enterprise dan perusahaan multinasional, khususnya perusahaan Australia yang beroperasi di Indonesia.

Perusahaan JV ini diresmikan pada tanggal 29 Agustus 2014 di Sydney, Australia melalui penandatangan kesepakatan oleh CEO TELKOM Group, Bapak Arief Yahya bersama CEO Telstra, Mr. David Thodey. Turut hadir dalam acara peresmian ini Direktur Innovation & Strategic Portfolio TELKOM, Bapak Indra Utoyo, Direktur Utama TelkomMetra, Bapak Teguh Wahyono dan Direktur Business Solution telkomsigma yang juga sebagai Ketua Satgas JV, Bapak Otto Benny Hantoro.

Kesuksesan Telstra dalam melakukan transformasi bisnis, kompetensi yang dimiliki dalam bisnis NAS, dan pengalaman Telstra dalam penyediaan layanan ICT di lebih dari 800 perusahaan di Australia menjadi alasan utama Telkom dan TelkomMetra Group untuk menjalin kerja sama dengan Telstra, jelas Bapak Arief Yahya. Sedangkan dari pihak Telstra, Joint Venture ini merupakan langkah strategis Telstra untuk memasuki pasar Asia, terutama Indonesia melalui kerja sama dengan TELKOM yang merupakan provider IMES terbesar di Indonesia.

Menindaklanjuti penandatangan JV, pada tanggal 15 – 19 September 2014 lalu telah dilaksanakan Post-Signing JV di Hotel Ritz Carlton, Jakarta dan dihadiri oleh seluruh Tim Satgas Pendirian JV NAS, Tim Telstra dan juga perwakilan (Counterpart Satgas) dari TELKOM, TelkomMetra, telkomsigma, Infomedia, PINs dan Telin. Workshop Post-Signing JV ini bertujuan untuk persiapan pendirian perusahaan JV di akhir bulan Oktober 2014, merevisi High Level Implementation Plan yang pernah dibuat di workshop sebelumnya di Melbourne, dan mendiskusikan action plan antar stream.

Kerja sama strategis dengan Telstra merupakan salah satu upaya TELKOM Group dalam mengimplementasikan salah satu program utamanya, yakni International Expansion dan menjadikan TELKOM Group sebagai pemain global yang terkemuka.

back