METRASYS

Pertumbuhan bisnis METRASYS relatif cepat, berkat dukungan program sinergi BUMN melalui TELKOM.  Hasilnya adalah Posindo dan Kereta Api sebagai klien pertama METRASYS. Potensi klien akan terus tumbuh dengan terjadinya sinergi go to market allignment bersama dives dan DBS TELKOM.  Adapun target utama adalah perusahaan BUMN dan Pemerintahan, yang saat ini tengah digalakkan dalam rangka penerapan good governance, yang dapat didukung dengan implementasi aplikasi SAP.

 

Overview

METRASYS mulai beroperasi di awal 2010 setelah mendapatkan lisensi SAP Service Partner di akhir tahun 2009. Portofolio yang ditawarkan adalah IT Consulting dan Advisory Services dengan pelanggan utama di sektor Telekomunikasi dan Services, antara lain PT POSINDO, PT KAI, dan PT TELKOM. Di Indonesia saat ini terdapat 14 SAP Services Partner.  Hal ini menunjukkan bahwa pasar semakin kompetitif, dilain pihak juga membuktikan  bahwa potensi pasar masih terbuka luas.  Solusi bisnis SAP menjadi kebutuhan perusahaan skala besar dan menengah. Karenanya, METRA sebagai holding company dari METRASYS, memiliki peluang yang cukup besar untuk menangani perusahaan SME dengan solusi Software as a Service (SaaS).

 

Produk dan Layanan

METRASYS memberikan layanan jasa konsultansi dan solusi berbasis SAP dengan menjadi pelaksana proyek implementasi dan pengelola sistem SAP, baik di TELKOM Group maupun di luar TELKOM Group.  Produk dan layanan yang telah diimplementasikan antara lain FICA POS di POSINDO, FI dan HR di KAI, Advisory Services di ompas, serta Enterprise Assets Management System, SAP New-GL, dan SAP Business Planning & Consolidation di TELKOM.

 

Alat Produksi

Sumber daya utama layanan konsultansi yang dikelola METRASYS adalah SDM/konsultan yang terdiri dari Project Manager, Consultan Functional (hands on SAP Modul, e.g. FICO, SD, PS, etc), Technical Consultant (hands on Server, Programming, and Installation, e.g. ABAPER, BASIS), dan Project Admin & Controller. Selain itu, dibutuhkan juga Supporting Unit seperti Legal, Sales & Marketing, Finance, dan HR.

back